LP3M IAI TRIBAKTI KEDIRI MENYELENGGARAKAN KLINIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH DAN PROPOSAL LITAPDIMAS 2022
June 27, 2022 No Comments Berita admin

LP3M IAI Tribakti Kediri Newsroom – LP3M (Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat) IAI Tribakti Kediri menghadirkan dua Reviewer Penelitian Litapdimas Kementerian Agama RI dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Ngainun Naim, M.H.I, dan Koordinator Reviewer Nasional Litapdimas Kementerian Agama RI, Dra. Imas Maesaroh, Dip. IM-Lib, M.Lib, Ph.D dari UIN Sunan Ampel Surabaya pada acara Klinik Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah dan Proposal Litapdimas. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Baru Lantai I IAI Tribakti Kediri pada Sabtu sampai Senin (25-27/06/2022).

Acara pada hari pertama dibuka langsung oleh Yasin Nur Falah selaku Wakil Rektor 3 IAI Tribakti Kediri. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan digelarnya klinik penulisan artikel ilmiah dan proposal litapdimas ini untuk membantu dan memfasilitasi dosen IAI  Tribakti Kediri agar dapat secara mudah menulis artikel di jurnal ilmiah nasional/ internasional bereputasi. Hal ini dilakukan mengingat tugas dosen dalam Tridharma perguruan tinggi  mulai dari mengajar di kelas, melakukan pengabdian masyarakat, melakukan penelitian, menulis artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi, dan masih banyak lagi, oleh karena itu  LP3M IAI Tribakti Kediri pada tahap ini membantu untuk meningkatkkan salah satu kemampuan tersebut. “Demi kemajuan karir dan mutu institusi, persiapan yang matang, dan kerja keras supaya Bapak Ibu Dosen dan Tendik semua bisa segera mempublikasikan karyanya di jurnal bereputasi nasional dan internasional, ” tutur Yasin Nur Falah.

Pada saat Klinik Penulisan Artikel Ilmiah dan Pendampingan Penulisan Proposal Litapdimas, Prof. Dr. Ngainun Na’im, M.H.I menyampaikan bahwa menulis adalah tabungan yang baik karena ingatan mudah lupa tetapi catatan mengingatkan. Beliau juga menyarankan dosen untuk dapat menulis di mana pun tempatnya dengan menggunakan aplikasi note di Handphone. “ Mengingat menulis merupakan bukan pekerjaan yang mudah, maka dibutuhkan usaha yang keras dan penuh ketekunan dalam usaha meningkatkan kemampuan menulis di Jurnal Ilmiah bereputasi Nasional atau pun Internasional, “ tutur Prof. Dr. Ngainun Na’im, M.H.I.

Pada kesempatan yang sama, Dra. Imas Maesaroh, Ph.D menuturkan bahwa saat ini pekerjaan menulis karya ilmiah baik berupa artikel jurnal ilmiah dan proposal hibah penelitian  kompetitif litapdimas relatif lebih mudah. Hal ini dikarenakan proses penilaian dan penetapan reviewer litapdimas berpedoman kepada researh gap yang jelas, tujuan penelitian yang nyata, metode penelitian yang operasional dan RAB yang sesuai dengan pedoman penggunaanya pada panduan Litapdimas yang ada di website https://litapdimas.kemenag.go.id/index.php/.

Terakhir Dra. Imas Maesaroh, Ph.D berharap semoga  pada pengajuan proposal penelitian Litapdimas pada tahun 2023 yang akan segera dibuka, civitas akademika dari IAI Tribakti Kediri banyak yang lolos dari tahapan seleksi adminitrasi dan presentasi. “Semoga dengan digelarnya kegiatan ini dapat menjadi pemicu dan tambahan motivasi supaya Bapak Ibu semua semangat untuk menulis proposal penelitian kompetitif Litapdimas,” ujar Dra. Imas Maesaroh, Ph.D.

Sumber : Humas LP3M IAI Tribakti Kediri

Penulis : Fitta Nurisma Riswandi

Editor : Mubaidi Sulaeman

ABOUT ATHOR

Leave a reply

Your email address will not be published.